Thursday, 14 January 2016

Tips foto produk bagus dengan budget minim


Salah satu syarat untuk meningkatkan penjualan toko online adalah dengan menampilkan foto produk yang bagus dan menarik calon pembeli. Sayangnya, tidak semua penjual online memiliki modal lebih untuk keperluan foto. 

Beberapa tahapan ini dapat membantu penjual online memiliki katalog produk dengan foto yang bagus dengan pengeluaran yang minimal dan menghasilkan foto sekelas fotografer.

1. DO IT YOUSELF (DIY).
Tidak perlu menyewa jasa fotografer apalagi yang bayarannya mahal, kita bisa melakukannya semua sendiri, tentu saja hal ini dapat memangkas pengeluaran anda.

Tidak perlu kamera mahal atau canggih, maksimalkan apa yang kita punya.
Menurut Arbain Rambey “Kamera terbaik adalah kamera yang kita punya” Jika anda tidak punya Kamera, manfaatkanlah Handphone anda.



2. SIAPKAN BEBERAPA ITEM PENTING.
Beberapa barang yang Anda perlukan untuk menghasilkan foto, seperti: kamera atau handphone berkamera, tripod (jika punya) saya seringnya tidak pakai, alas foto (kertas/ karton putih, kain putih/ bermotif, karpet warna polos), lampu (misalnya lampu meja), jika anda suka tambahkan pernak pernik pada foto anda seperti mutiara atau bunga, dll (kalau saya tidak pakai, takut keramean) dan laptop/ komputer untuk mengedit foto atau handphone yang telah dilengkapi dengan aplikasi edit  foto. 


3. BUAT MINI STUDIO.
Dengan memanfaatkan item-item diatas, anda sudah dapat membuat studio mini yang menarik untuk menghasilkan foto produk yang bagus.

Jika Anda kesulitan untuk membuat mini studio, Anda dapat menggunakan alas foto yang sudah banyak dijual dipasaran, saya dapatkan alas foto dengan beli online.

Kalau saya paling senang memfoto saat siang hari ketika matahari masih tinggi, jadi tidak perlu cahaya lampu, saya tidak repot-repot  menyiapkan banyak item untuk ambil gambar.






4. AMBIL FOTO DARI BERBAGAI SUDUT.
Hal ini untuk semakin memudahkan calon pembeli melihat secara detail produk yang Anda tawarkan. Ambil beberapa foto tampak depan, belakang, samping, hingga foto detail motif produk. Semakin detail foto yang ditampilkan pada katalog, semakin mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan transaksi.

Berhubung produk Nervacrafties adalah aksesoris, saya ambil foto dari berbagai sudut untuk ambil satu gambar yang terbaik, beda halnya dengan barang yang dijual tas, atau benda lain, kita akan butuh beberapa foto untuk dipajang.





5. EDIT FOTO.
Tidak perlu melakukan proses editing foto yang rumit. Lakukan edit foto standar seperti menaikkan cahaya atau kontras foto, melakukan pemotongan atau cropping, hingga mengatur resolusi foto, geser foto kanan kiri. Tahap ini membantu untuk menaikkan kualitas foto yang dihasilkan dan membuat foto yang dihasilkan semakin bagus. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan software editor foto seperti Photoshop, PicsArt, powerpoint, aplikasi handphone yang banyak sekali macamnya.

Untuk saya pribadi awalnya saya pakai photoshop, tapi saat ini saya lebih suka memakai powerpoint, jauh lebih praktis.



6. UPLOAD DAN PROMOSIKAN PRODUK.
Jika Anda sudah selesai dengan proses editing foto, maka foto Anda telah siap untuk ditampilkan pada toko online Anda. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara berkala agar produk Anda lebih sering dilihat calon pembeli dan menghasilkan transaksi penjualan.





No comments:

Post a comment