Monday, 8 December 2014

Persiapan Bazar Pertama


Setelah stok selesai, selanjutnya persiapan apa saja yang akan dibawa untuk bazar, saya akan membahasnya disini ^.^

Saya banyak cari tahu ke si Mbah GOOGLE ke orang-orang yang sudah pengalaman ikut bazar, ini dia barang-barangnya:
1. Kartu nama (ini penting sekali, sampai saya buat dadakan, kenapa penting, kartu nama ini sebagai iklan buat saya, siapa tau pengunjung hanya beli satu kemudian berminat lagi untuk beli dengan kata lain sebagai iklan kecil-kecilan)
2. Banner (Sebagai informasi dagangan kita, buat banner yang bagus dan menarik supaya pengunjung tertarik untuk datang ke stand kamu) tapi saya tidak pakai banner untuk pertama kali, mau lihat dulu situasinya.
3. Kotak-kotak / hiasan Lucu (Sebagai hiasan di meja kamu supaya menarik)
4. Taplak (jaga-jaga bawa saja, takutnya taplak yang diberikan dari panitia ga sesuai harapan)
5. Plastik
6. Uang receh (untuk kembalian)
7. Display (untuk pajangan Kalung, bros, bando)
8. Solatip jika perlu
9. Minum
10.Lem, gunting, tang, benang (jaga-jaga kalau ada yang perlu diperbaiki)
11.Kalkulator (siapa tau yang mau dihitung banyak)
12. Bangku (karena biasanya panitia hanya memberikan 1 bangku)
13. Plastik Besar
14. Buku catatan

Kira-kira seperti itulah yang saya bawa.


Nah untuk teman-temen yang sudah pernah ikutan bazar atau belum, yang pertama kali harus dipersiapkan yang sebenarnya adalah tujuan. Kalau tujuan kita ikut bazar untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya itu salah besar menurut saya, karena kita akan kecewa ketika penjualan tidak sesuai harapan.

Untuk saya ikut Bazar sebagai ajang untuk promosi untuk mengenalkan produk-produk hasil karya kita ^.^, memperluas koneksi, kenalan dengan teman-teman baru maka selama mengikuti event tersebut pasti akan enjoy ^.^


Meskipun setelah event selesai, hasil penjualan tidak banyak, kita tetap merasa senang karena sudah mengenalkan hasil karya saya dan belajar banyak hal. Kemudian harapan saya kedepannya tentu saja banyak order yang masuk, positif thinking itu sangat diperlukan.

Rasanya tuh untuk crafter seperti saya ikutan bazar seperti dapat sertifikat, plong, bangga bisa ikutan bazar hasil karya sendiri apalagi saya dapat dukungan penuh dari keluarga, mama dan suami saya yang ikutan saya untuk menemani jaga bazar dan mertua saya yang dititipkan anak saya selama bazar.

Ini dia penampakan foto-foto bazar kemarin ^.^






No comments:

Post a comment